Sabtu, 30 Juli 2011

Akar Kuning: Petunjuk Pengobatan Nabi


Membaca buku ini akan membuka hati kita bahwa seorang Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, di samping seorang ulama, beliau juga orang yang pakar dalam ilmu kedokteran. Tentu dalam hal kedokteran islam. Dengan piawai beliau menjabarkan ilmu kedokteran islam yang lengkap dengan dalil-dalilnya yang dapat dipertanggungjawabkan. 

Buku yang terdiri dari empat bab ini menceritakan pola kehidupan sehari-hari. Pada bagian pertama dengan piawai beliau jabarkan Jenis-Jenis Penyakit. Bagian dua beliau jabarkan berbagai Macam Ramuan Alami yang didapat dari alam sekitar kita. Mulai dari ramuan penyembuhan demam, diare, amandel, penyakit jantung, pengobatan jerawat, yang jika diuraikan tidak kurang dari 40 jenis ramuan yang beliau jabarkan. Bagian tiga berisi tentang Formula Islam dan Obat-Obatan Alamiah. Pada bagian ini dengan piawai beliau menjabarkan do’a-do’a yang diajarkan Rasulullah saw untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Begitu pula dengan obat-obatan alamiah yang ia kaji perpspektif nash.

Begitulah seorang Ibnu Qayyim, ulama, faqih, pemikir, dan thabib yang langka pada zamannya. Melalui goresan penanya dalam berbagai disiplin ilmu, mulai dari tafsir al-qur’an, ilmu kalam, ilmu astronomi, ilmu fiqh, ushul fiqh, ilmu hadis, ilmu tasawuf, serta kedokteran, beliau mengajarkan kepada kita bahwa menjadi seorang muslim harus banyak membaca. Membaca disiplin ilmu apa saja selagi bermanfaat untuk pengetahuan. Maka wajarlah jika wahyu yang pertama adalah Iqra’, bacalah, dengan menyebut nama tuhanmu yang telah menciptakan.
Posting Komentar