Oleh: Prof. Dr.
Wan Mohd Nor Wan Daud
(Direktur
CASIS-UTM Kuala Lumpur)
Kemiskinan, bukan alasan dalam mencapai
kecemerlangan ilmu: Imam SyafiI (w. 820 M), adalah seorang anak yatim dan
miskin, telah menghafal al-Qur’an ketika berumur 7 tahun, dan menghapal pula
kitab Fikih Imam Malik ketika berumur 10 tahun. Beliau juga telah dianggap
layak untuk membuat fatwa ketika berumur 12 tahun (Anwar Ahmad Qadri,
1981, Islamic Jurisprudence in the Modern World, Lahore: Sh. Muhammad Ashraf,
hlm. 124). Sewaktu dewasa beliau biasa menghabiskan 1/3 malam belajar.
(al Ghazali, Ihya Ulumiddin, terjemahan N. A. Faris, 1979, The Book of
Knowledge, Lahore: Sh. Muhammad Ashraf, hlm: 59).
Kecacatan, bukan alasan dalam mencapai
kecemerlangan ilmu: Abu Hasan al-Tamimi (w. 918 M) adalah seorang yang buta,
tetapi kecintaannya pada ilmu menjadikan beliau belajar melalui pendengaran
saja sehingga menjadi ulama fiqh mazhab Syafi’i yang terkenal. (George
Makdisi, 1981, The Rise of Colleges, Edinburgh: Edinburgh University Press,
hlm: 99).
Situasi Sosial Politik yang Tidak Stabil, bukan
alasan dalam mencapai kecemerlangan ilmu: Ibn Taymiyyah (w. 1328 M) yang
dilahirkan ketika keadaan politik umat Islam kacau balau di bawah keganasan
Mongol dan Perang Salib, hidup dalam iklim keilmuan keluarganya. Beliau
mempelajari al-Qur’an, Hadith, Fiqh, matematika, sejarah, sastra, imu kalam
serta filsafat dan tamat pada belajar ketika berumur 21 tahun. (Qamaruddin
Khan, 1985, Political Thought of Ibn Taymiyyah, Islamabad: Islamic Research
Institute, hlm: 2-4).
Kesenangan Hidup juga tidak menjadikan diri
menjadi Malas untuk mencapai kecemerlangan ilmu: Ibn Hazm (w. 1064 M) yang
dilahirkan di Qordoba dan Ibn Khaldun (w. 1406) yang dilahirkan di Tunis,
keduanya berasal dari lingkungan keluarga yang berada, berpendidikan dan
berpengaruh. Mereka dibesarkan dalam suasana kelimuan yang biasa dialami oleh
anak-anak seperti itu mempelajari semua bidang agama dan filsafat. Bidang
kajian Ibn Hazm lebih luas lagi sehingga sampai meliputi perobatan (kedokteran)
yang beliau tidak amalkan secara serius mungkin karena terpaksa berpindah
pindah disebabkan suasana politik yang tidak stabil. (A.G. Chejne,
op.cit,, hlm: 36-43 dan Ibn Khaldun, Muqaddimah, terjemahan Franz Rosenthal,
hlm: vii-xii).
Kedudukan dan Umur bukan faktor penghalang untuk
terus belajar: Imam Abu Hanifah, walaupun sudah mempunyai pengikut dan masyhur,
ternyata masih belajar lagi dengan Imam Malik yang 13 tahun lebih muda
daripadanya. (Shibli Nu’mani, 1982, Imam Abu Hanifah: Life and Work,
terjemahan M. Hadi Hussain, Lahore: Institute of Islamic Culture, hlm: 30).
Al-Jahiz (w. 869 M) adalah seorang budak hitam,
sekaligus berprofesi sebagai penjual roti dan ikan, ternyata beliau mampu
mencapai ketinggian ilmunya bukan hanya sekedar dengan cara menghadiri kuliah
(ceramah-ceramah/halaqoh) tetapi dengan cara bergaul dengan ilmuwan di Mirdad,
yaitu sebuah kawasan terbuka di pinggir Basra. Mirdad adalah tempat pertemuan
para kabilah dan para ilmuwan yang saling bertukar berbagai ragam bahasa Arab
Badui. Al Jahiz juga sering mengunjungi masjid dan mempelajari hal-hal yang
berguna daripada para pengunjung masjid yang lain (masjidiyun). Kisah kematian
beliau mencerminkan kehidupan yang benar-benar cinta akan ilmu. Beliau yang
lumpuh tubuh badannya meninggal dunia tertindih oleh buku-buku yang selalu
tersimpan di sekelilingnya. (Charles Pellat, 1969, The Life and Works
of Jahiz, Berkeley/Los Angeles: University of California Press, hlm: 3-9).
Abu Rayhan Al Biruni (w. 1048 M) menguasai
berbagai disiplin ilmu, ahli sains, ahli perundangan, ahli perbandingan agama
dan menguasai berbagai bahasa seperti Arab, Parsi, Turki, Yahudi dan Sambani,
dan ketika mengikuti Mahmud Ghaznawi ke India selama 14 tahun, beliau
mempelajari bahasa Sanskrit untuk menulis tentang agama dan budaya orang India.
(G. Allana, 1979, Abu Rayhan Muhammad Ibn Ahmad al Biruni: A Restless Genius in
Search of Knowledge, dalam Al-Biruni Commemorative Volume: Proceedings of the
International Congress, Hakim Mohammad Said, (ed.), Karachi: Hamdard National
Foundation, hlm: 149-157). Ternyata ketika beliau sakit parahpun masih mendesak
seorang sahabat yang menziarahinya, agar memberikan jawaban terhadap satu
persoalan fiqh yang beliau rasa belum mendapat jawaban yang tepat. Sahabatnya
dengan nada kasihan bertanya kepada al Biruni: Apakah ini waktu yang tepat
untuk membahas tentang persoalan fiqh sedangkan engkau dalam keadaan seperti
ini? Al Biruni menjawab dengan tegas bahwa beliau tidak mau meninggalkan alam
fana ini dalam keadaan jahil (tidak tahu/bodoh) tentang penyelesaian persoalan
tersebut. (Ahmad Shalaby, 1945, History of Muslim Education, Beirut:
Dar al-Kashshaf, hlm: 179).
Ibn Rushd (w. 1198 M) hanya bercuti (libur) 2
hari sepanjang hidupnya dari kerjanya yaitu mengajar, menulis dan memberi fatwa
sebagai Qodi, yaitu pada hari kematian bapaknya dan dan pada hari
perkawinannya. (Miguel Cruz Hernandez, 1989, Ibn Rushd dan Musa Ibn
Maymun-Ahli Falsafah al-Andalus, Kurier UNESCO, no 11, hlm: 9).
Ibn Sina (w. 1037 M) yang hidup di Iran disekitar
abad ke-10 dan ke-11 Masehi, telah menerima pendidikan al-Qur’an dan
kesusasteraan ketika masih kecil. Setelah sampai pada usia 10 tahun beliau
telah mengkhatamkan al-Qur’an dan banyak kitab kesusasteraan. Sejak kecil
beliau dan saudara kandungnya telah ditunjukan kepada perbincangan filsafat
tentang masalah akal dan roh, geometri dan ilmu hisab India. Beliau dihantar
oleh ayahnya mempelajari ilmu hisab India dan matematika dari seorang penjual
sayur yang menguasai bidang ini. Kemudian beliau juga giat pula mempelajari
ilmu Fiqh dan menguasaiya. Setelah itu beliau mengkaji filsafat, khasnya kitab
Isagoge karangan Porphyry, seorang tokoh filsafat Yunani Kuno. Beliau belajar
ilmu logika dengan cara otodidak sampai menguasainya. Kemudian beliau juga
memabca sendiri teks dan komentar tentang sains kedokteran dan metafisika.
Beliau juga membaca kitab perobatan dan mengatakan bahwa ilmu perobatan
tidaklah terlalu sulit. Oleh karenanya, dalam waktu yang singkat telah
menguasainya dan tidak sedikit para pakar perobatan yang belajar kepadanya.
Beliau merawat orang-orang yang sakit dan mendalami lagi ilmu perobatan. Pada
usia 16 tahun, beliau melibatkan diri dalam ilmu perundangan dan sering
berpolemik tentang hal tersebut.
Kemudian, selama satu setengah tahun beliau
belajar dan mengkaji tentang filsafat dengan mendalam. Apabila merasa letih dan
mengantuk ketika belajar, maka beliau akan meminum jus buah-buahan untuk menyegarkan
badan dan meneruskan bacaan. Beliau banyak bersembahyang di masjid dan berdoa
agar Allah memberikan penjelasan terhadap persoalan yang sukar dipahaminya.
Beliau melaksanakan hal tersebut secara istiqamah sehingga semua bidang ilmu
seperti logika, sains kedokteran dan matematika dikuasainya. Kemudian beliau
membaca kitab Metafizika karangan Aristotle sebanyak 40 kali tetapi masih belum
memahaminya sehingga akhirnya beliau menemukan ulasan (penjelasan) al-Farabi
tentang kitab metafizikanya Aristotle. Beliau merasa sangat gembira ketika
dapat memahami kitab yang hampir 500 halaman tersebut, lalu beliau mendirikan
sholat sunat dan banyak bersedekah. Ketika beliau dipanggil untuk membantu
Sultan Nuh al-Mansur di Bukhara, beliau mengambil kesempatan buku-buku di
perpustakaan besar kepunyaan sultan itu dan telah selesai menguasai semua
bidang ilmu setelah berumur 18 tahun. (William E. Gohlman, 1974, The
Life of Ibn Sina: A Critical Edition and Annotated Translation, New York: SUNY
Press).
Syed Muhammad Naquib Al-Attas: Ketika beliau
sedang menyiapkan penjelasan tentang karya Hujjatul Siddiq oleh Syeikh Nurudin
al-Raniri pada awal 1980an, al-Attas membuat kajian di Perpustakaan Universiti
Chicago. Dalam beberapa pertemuan dengan Prof. Dr Wan Mohd Nor Wan Daud di sana
beliau mengakui amat sukar tidur sebab memikirkan maksud penulis kitab
tersebut. Bahkan, karena kesungguhan beliau dalam memahami maksud kitab
tersebut sampai-sampai beliau seakan-akan berbicara dengan al-Raniri sendiri.
Beliau pernah menyatakan kepada Prof Wan, bahwa ketika menulis tentang
episode-episode sejarah, beliau seolah-olah dapat melihat dengan mata hatinya
rentetan-rentetan semua peristiwa penting dalam episode berkenaan. Hal yang
sama juga berlaku ketika beliau merancang dua kampus ISTAC di Jalan Damansara
dan Persiaran Duta yang indah dan berperibadi unik itu. Beliau dapat
membayangkan setiap sudut dari bangunan itu dan semua yang ingin diletakkan di
dalamnya seperti seorang penghias dalaman dan juru lanskap. (Prof. Dr.
Wan Mohd Nor Wan Daud, Artikel: Falsafah dan Metodologi Pengkajian Sejarah Syed
Muhammad Naquib Al-Attas pada Seminar Khas Sejarah Alam Melayu: Antara Fakta
dan Khayalan, anjuran CASIS di Bilik Jemaah UTM International Campus Kuala
Lumpur, 9hb Sept 2011).
Nb:
Tulisan ini adalah tulisan guru saya Prof. Dr.
Wan Mohd Nor Wan Daud (Direktur
CASIS-UTM Kuala Lumpur)
2 komentar:
Semoga kita bisa mengikuti jejak mereka, Amiin Ya Rabb!
Amin ya mas..:-)
Posting Komentar