Minggu, 14 Oktober 2012

Saturday Night Series Lecture



Malam ini malam ketiga kalinya aku mengikuti Saturday Night Series Lecture yang diisi langsung oleh Tan Sri Prof. Syed Nuquib. M. Al-Attas. Agenda ini merupakan agenda rutin CASIS Universiti Tekhnologi Malaysia setipa minggu kedua dan minggu keempat setiap bulannya.
Belajar langsung dengan ilmuan semacam Syed Nuquib ini memberikan kenikmatan tersendiri. Nikmat dalam arti, aku dapat langsung mendengar dan belajar bertatap muka kepada orangnya langsung. Dan bagi beliau sendiri meskipun umurnya sudah delapan puluhan, kepada sudah memutih dan punggung sudah membungkuk namun semangatnya perlu diacungi jempol. Yah… begitulah orang yang mencintai ilmu, selalu bersemangat untuk belajar dan mengajarkannya.
Malam ini beliau membahas masalah Fundamental Element of Islam. Ceramah beliau dalam bahasa Inggris. Ruangan Dewan Besar Main Hall UTM Internasional Campus di jalan semarak Kuala Lumpur membeludak, bahkan ada diantara pencari ilmu tersebut yang terpaksa berdiri. Hmm… dalam hitungan kasarku tidak kurang dari 300 orang yang hadir pada malam ini. Yang paling membahagiakan pada malam ini adalah ada empat orang tamu para dosenku dari Jambi. Prof. Hasbi Umar, Prof. Husein Ritonga dan DR. Mohd. Yusuf. Mereka ini guruku ketika aku masih belajar di IAIN STS Jambi.
Alhamdulillah, begitulah mereka yang cinta ilmu datang dari berbagi penjuru negeri mencari ilmu. Syed Nuquib, ilmuan ulung saat ini telah menanamkan ‘Budaya Ilmu’ kepada murid-murid dan sebagian umat ini yang mencintai ilmu.

Posting Komentar